Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, termasuk kesehatan dan ekonomi. Aktifitas masyarakat yang semakin terbatas, peluang usaha yang menyempit, bahkan sebagian masyarakat harus kehilangan sumber mata pencahariannya adalah dampak yang sangat nyata hadir di tengah masyarakat saat ini.

Sulawesi Community Foundation (SCF) tergerak untuk turut serta mengurangi beban masyarakat, khususnya Kota Makassar yang mengalami dampak Pandemi Covid-19. Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

1. Pembagian Seribu Paket Masker dan Handsanitizer

Seribu paket masker dan handsanitizer akan didistribusikan kepada rumahtangga miskin, supir pete-pete, pedagang sayur keliling, pedagang pasar tradisional, pedagang di pelelangan ikan, dan Kader posyandu. Tim SCF menentukan lokasi distribusi dan kuota paket bantuan di masing-masing lokasi dan akan mendistribusikan serentak di lokasi terpilih.

2. Pembagian dua ratus paket alat pelindung diri (APD)

Dua ratus paket APD akan didistribusikan kepada bidan atau tenaga kesehatan lain yang terlibat dalam pengelolaan posyandu yang ada di Kota Makassar. Bagi SCF, mereka adalah tenaga kesehatan yang rentan dan bersentuhan langsung dengan banyak ibu dan anak. SCF akan mengidentifikasi lokasi penyaluran dan mendistribusikannya langsung ke lokasi terpilih.

3. Pembagian dua ratus paket sembako

Dua ratus paket sembako akan didistribusikan kepada rumahtangga terdampak Covid-19 secara ekonomi, tukang ojek, supir pete-pete, masyarakat Kehilangan pekerjaan, dan masyarakat di sekitar tempat pembuangan akhir. Tim SCF menentukan lokasi distribusi dan kuota paket bantuan di masing-masing lokasi dan akan mendistribusikan serentak di lokasi terpilih.

4. Pembagian dua puluh lima paket usaha tanaman hidroponik

Dua puluh lima paket usaha tanaman hidroponik akan didistribusikan kepada keluarga kehilangan mata pencaharian utama akibat Pandemi Covid-19. Bantuan usaha tanaman hidroponik akan diberikan berupa peralatan dan pendampingan usaha. Syarat, kriteria dan formulir pendaftaran dapat dibaca pada link ini.

Komen disini