Sosialisasi Konsep dan Kesetaraan Gender di Desa Kahayya, Kabupaten Bulukumba

Program Weaving Leadership for Gender Equality Program (WAVES) adalah inisiatif dengan sekelompok orang dari organisasi non-pemerintah, kelompok perempuan, investor pemerintah, dan sektor swasta yang akan mempromosikan kesetaraan gender dan agenda pemberdayaan perempuan dalam organisasi mereka melalui kegiatan bersama, peningkatan keterampilan dan penguatan kepemimpinan. Kegiatan ini berlangsung sejak Maret 2019 hingga Februari 2022 mendatang di Desa Kahayya, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan Indonesia.

Latar belakang program ini adalah adanya ketidaksetaraan gender menghambat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan dapat mengancam keberlanjutan sumber daya alam (pertanian, kehutanan, air, energi, pangan) Adanya pengakuan yang semakin meningkat untuk menangani kesetaraan gender dalam agenda internasional dan regional. Kesetaraan gender juga merupakan tujuan utama pembangunan berkelanjutan dari Agenda 2030.

Dana pendanaan iklim telah memasukkan kriteria gender dalam prinsip-prinsip dana mereka untuk memastikan tindakan iklim yang adil bagi laki-laki dan perempuan. Investor dan perusahaan telah menunjukkan pengakuan yang meningkat untuk menggunakan investasi gender sebagai strategi tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan menciptakan dampak-keduanya finansial dan sosial. Sementara kepatuhan kebijakan ini menandakan peluang yang berkembang, kesetaraan gender hanya bisa bermakna melalui tindakan konkret.

Menerjemahkan konsep gender ke dalam praktik adalah tugas yang berat, karena konsep kesetaraan gender tidak hanya rumit, tetapi juga menuntut koherensi kebijakan, keuangan inklusif, dan pemulihan kekuatan dan norma sosial-budaya diskriminatif. Ini juga menuntut pemahaman bersama tentang kesetaraan gender dan tindakan yang disinkronkan oleh individu dan organisasi yang bekerja di lembaga publik, sektor swasta, dan komunitas lokal. Pada dasarnya, kesetaraan gender memerlukan penciptaan bersama dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan sektor publik dan swasta, komunitas lokal, dan kelompok perempuan lintas batas, disiplin, dan sektor.

Prakarsa RECOFTC “Lab Gender Leadership Co” bertujuan untuk menyediakan platform kreasi bersama untuk menguji dan mengimplementasikan ide-ide baru yang bertujuan untuk membawa kesetaraan gender dalam pengelolaan dan tata kelola sumber daya alam. Ini adalah inisiatif dengan sekelompok individu yang tertarik di LSM, kelompok perempuan, lembaga negara, investor, perusahaan yang akan mendorong kesetaraan gender dan agenda pemberdayaan perempuan di organisasi mereka melalui penciptaan bersama, pengembangan keterampilan, dan pemberdayaan kepemimpinan.

Tujuan dan Pendekatan

Tujuan dari program WAVES adalah:

  1. Pembekalan pada aktor utama di wilayah ini dengan pengetahuan dan kapasitas untuk: memahami, merancang, dan mengimplementasikan langkah-langkah kesetaraan gender;
  2. Membangun keterampilan kepemimpinan perempuan untuk mendukung kesetaraan gender;dan
  3. Mengintegrasikan kesetaraan gender ke dalam kebijakan, investasi, dan tindakan.

Pendekatan yang digunakan dalam WAVES adalah:

  1. Pemilihan Champions berdasarkan kemampuan mereka untuk memimpin hasil gender;
  2. Pengembangan kapasitas yang disesuaikan dan dukungan bimbingan bagi para juara gender;
  3. Jejaring dan ruang kolaboratif di tingkat regional dan nasional; dan
  4. Demonstrasi tindakan nyata di tingkat negara.

Komen disini